Jika Ada yang Bilang Jokowi Sukses Bangun Demokrasi, Itu Kacau Sekali…

  • Share
Jika Ada yang Bilang Jokowi Sukses Bangun Demokrasi, Itu Kacau Sekali...

Cmaentertainment.id – Pengamat politik Rocky Gerung memberikan kritikan menohok mengenai pemerintahan Presiden Joko Widodo atay Jokowi. Ia menyoroti sistem demokrasi di Tanah Air yang dinilai semakin kacau.

Melansir Wartaekonomi.co.id — jaringan Cmaentertainment.id, Rocky menilai semangat untuk merawat demokrasi di era pemerintahan Jokowi sudah berkurang. Hal ini disampaikan sebagai respons atas wacana jabatan presiden tiga periode.

Tidak ada semangat untuk merawat demokrasi, padahal bangsa ini memerlukannya,” ujar Rocky dari akun YouTube Rocky Gerung Official yang tayang pada Jumat (1/4/2022).

Pernyataan ini diungkapkan Rocky sebagai sorotan atas seruan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang mendukung agar Jokowi menjadi presiden hingga 3 periode.

Baca Juga:
Air Mata Puan Maharani Saat Tolak BBM Era SBY Disorot, Pengamat: Pencitraan Semata

Apdesi bahkan siap mendeklarasikan hal tersebut setelah Idul Fitri. Sekjen Apdesi, Asep Anwar Sadat menjelaskan bahwa dukungan masa jabatan Jokowi tiga periode itu merupakan spontanitas para kepala desa.

Rocky pun menyorot tajam hal itu. Ia menilai seruan jabatan presiden 3 periode sebagai bentuk kegagalan demokrasi. Ia juga tak setuju jik ada pihak yang mengatakan jika Jokowi sukses membangun demokrasi.

Tak sembarang bicara, Rocky mengungkap penelitian mengenai indeks demokrasi di era Jokowi. Hasilnya, demokrasi di era Jokowi ini justru memburuk.

Jika ada yang bilang Jokowi sukses dalam membangun demokrasi, itu kacau sekali datanya,” kata Rocky.

Rocky lantas menjelaskan bahwa kemunduran demokrasi pada era Jokowi berjalan sistematis. Hal ini bisa dilihat dari wacana penambahan masa jabatan presiden 3 periode yang disampaikan oleh Apdesi.

Baca Juga:
Disebut Itu Pak Tua Ngapain ya, Amien Rais: Saya Sedang Sampaikan Kekhawatiran sebagai Anak Bangsa

Memang dirancang untuk memundurkan demokrasi. Isu 3 periode puncak kekacauan,” tandas Rocky.



#Jika #Ada #yang #Bilang #Jokowi #Sukses #Bangun #Demokrasi #Itu #Kacau #Sekali

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *