Indonesia Pilih Abstain dalam Voting PBB, Begini Penjelasan Kementerian Luar Negeri

  • Share
Indonesia Pilih Abstain dalam Voting PBB, Begini Penjelasan Kementerian Luar Negeri

Cmaentertainment.id – Indonesia memutuskan abstain dalam pemungutan suara resolusi di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait penangguhan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM).

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah mengatakan alasan abstain Indonesia, karena sepakat dengan Prakarsa PBB membentuk tim investigasi independen atas dugaan pembantaian yang dilakukan Rusia di Bucha, Ukraina.

Sehingga Indonesia sepakat menunggu hasil investigasi tersebut. 

“Indonesia abstain karena sependapat dengan prakarsa Sekjen PBB untuk membentuk tim investigasi independen (International Commission of Inquiry, oleh Human Rights Council) atas kejadian Bucha. Intinya memberi kesempatan tim bekerja dan tidak memberi judgment awal,” ujar Faiza saat dikonfirmasi Cmaentertainment.id, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga:
Sebanyak 93 Anggota Setuju, Rusia Ditangguhkan dari Dewan HAM PBB

Untuk diketahui, Indonesia memilih abstain dalam pemungutan suara resolusi di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait penangguhan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM).

Agenda tersebut digelar lantaran invasi dan ‘laporan pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia’ oleh pasukan Rusia di Ukraina.

Resolusi tersebut diloloskan setelah menerima suara dukungan dari 93 negara. Voting digelar di Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara pada Kamis (7/4/2022) waktu setempat.

Dari jumlah itu, 24 negara menyatakan menentang resolusi itu dan 58 negara di antaranya termasuk Indonesia memilih abstain.

Berdasarkan situs resmi PBB yang dikutip Jumat (8/4/2022) siang, Indonesia bersama dengan mayoritas negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Malaysia dan Thailand yang menyatakan abstain. Sementara Filipina dan Myanmar mendukung dan Laos memberikan suara menolak.

Baca Juga:
Ini Dampak Penangguhan Keanggotaan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB

Laos bergabung bersama Rusia, China, Kuba, Korea Utara, Iran, Suriah, Vietnam yang masuk dalam negara yang memberikan suara menentang.



#Indonesia #Pilih #Abstain #dalam #Voting #PBB #Begini #Penjelasan #Kementerian #Luar #Negeri

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *