Beredar Kabar Jokowi Akui Tak Berminat Menjabat 3 Periode Kecuali Dipaksa Rakyat, Benarkah?

  • Share
Beredar Kabar Jokowi Akui Tak Berminat Menjabat 3 Periode Kecuali Dipaksa Rakyat, Benarkah?

Cmaentertainment.id – Sejak isunya kembali bergema, banyak informasi simpang siur terkait penambahan masa jabatan Presiden Joko Widodo menjadi 3 periode.

Isu ini menuai banyak pro dan kontra, bahkan memicu digelarnya demonstrasi mahasiswa pada Senin (11/4/2022) besok.

Salah satu isu yang beredar terkait Jokowi yang mengaku tidak berminat menjabat sebagai presiden Indonesia selama 3 periode. Namun dalam narasi itu juga disebutkan Jokowi berkenan maju 3 periode apabila dipaksa oleh rakyat.

Salah satu yang mengunggah konten tersebut adalah akun Facebook “Agus Syabana”. Ia terlihat mengirimkan tangkapan layar artikel Detik.com ke sebuah grup bertajuk “Jokowi 3 Periode” pada Senin (4/4/2022) pukul 02.26.

Baca Juga:
Tanya Kenapa Jokowi Didemo, Adian Napitupulu Jadi Bulan-bulanan Warganet di Medsos

Jokowi: Saya tidak berminat tiga periode kecuali dipaksa rakyat,” itulah judul yang tertera di tangkapan layar artikel unggahan Agus Syabana. Tampak pula tanggal penerbitan artikel tersebut, yakni pada 15 Februari 2022 pukul 06.41 WIB.

Tangkapan layar unggahan di Facebook yang menyertakan artikel Detik.com dengan klaim Jokowi tak berminat menjabat 3 periode kecuali dipaksa rakyat. (Turnbackhoax.id)

Selain Agus Syabana, postingan serupa juga diunggah oleh akun Facebook “Rizqa Sumsel II”. Kedua postingan ini juga mendapat beragam reaksi warganet semenjak diunggah.

Lalu, benarkah klaim yang diviralkan di akun-akun Facebook tersebut?

PENJELASAN

Mengutip Turnbackhoax.id — jaringan Cmaentertainment.id, rupanya artikel yang diunggah oleh kedua akun tidak tepat. Pasalnya saat diperiksa di Detik.com sesuai tanggal dan jam penerbitan artikelnya, bukan judul seperti itulah yang ditampilkan.

Baca Juga:
Jelang Demo Mahasiswa, Viral Lagi Yel-yel ‘Potong Bebek Angsa’ Sindir Jokowi: Gagal Urus Bangsa, Minta Tiga Kali

Artikel yang diunggah di Detik.com pada 15 Februari 2022 pukul 06.41 WIB adalah berjudul “Suara Sanggahan Saat Foto Jokowi dan Soeharto Disandingkan“.

Tampak artikel ini juga menyertakan foto Jokowi yang sama dengan yang diunggah di Facebook, tetapi terdapat perbedaan judul di antara keduanya.

Ini menunjukkan adanya penyuntingan judul pada tangkapan layar artikel Detik.com di Facebook. Dari yang semula berjudul “Suara Sanggahan Saat Foto Jokowi dan Soeharto Disandingkan” menjadi “Jokowi: Saya tidak berminat tiga periode kecuali dipaksa rakyat“.

KESIMPULAN

Dengan demikian, bisa disimpulkan konten yang diunggah di Facebook tersebut tidak tepat. Telah dilakukan penyuntingan pada bagian judul artikel sehingga dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi atau Manipulated Content.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Cmaentertainment.id. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Cmaentertainment.id, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Mohon Mengisi Survei:

Kepada pembaca konten Cek Fakta Cmaentertainment.id atau warga yang peduli dengan penanggulangan hoaks, kami mohon kesediaannya untuk mengisi survei ini. Survei ini dirancang oleh jaringan kolaborasi CekFakta yang terdiri dari Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), serta sejumlah media massa yang rutin melakukan periksa fakta, bekerja sama dengan tim akademisi Universitas Multimedia Nusantara. Hasil survei akan digunakan sebagai masukan perbaikan produk Cek Fakta ke depannya. Terima kasih.



#Beredar #Kabar #Jokowi #Akui #Tak #Berminat #Menjabat #Periode #Kecuali #Dipaksa #Rakyat #Benarkah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *