Mereka Ditanya, Demo Apa? Nggak Tahu

  • Share
Mereka Ditanya, Demo Apa? Nggak Tahu

Cmaentertainment.id – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengimbau agar para pelajar tidak mengikuti aksi unjuk rasa pada Senin (11/4/2022) mendatang. Pasalnya, para siswa dinilai kebanyakan tidak mengetahui isi atau substansi demonstrasi.

Kepala Sub Bagian Humas Disdik DKI, Taga Radjagah mengatakan hal ini seperti yang terjadi pada unjuk rasa Omnibus Law 2020 lalu. Saat itu, banyak kelompok pelajar ikut mahasiswa ikut demonstrasi hingga berujung kericuhan.

“STM, anak-anak kita dilibatkan oleh kakaknya mahasiswa jadi mereka hampir sebagian besar hanya ikut-ikutan saja. Bahkan, ketika ada pihak berwajib menangkap, mereka pun ditanya ‘Demo apa? Nggak tahu’,” ujar Taga saat dikonfirmasi, Minggu (10/4/2022).

Menurut Taga, pihaknya berpandangan sebenarnya aksi unjuk rasa menyampaikan aspirasi bisa saja menjadi sarana edukasi. Namun, jika pelajar yang ikut tidak memahami substansinya, malah akan akan menyalahi tujuan demonstrasi itu.

Baca Juga:
Imbauan Disdik DKI Supaya Pelajar Tidak Ikut Demo 11 April; Orangtua Diminta Antar-Jemput Anaknya ke Sekolah

“Ini kan bukan mengedukasi, tapi jadi kontraproduktif kan terhadap aktivitas itu, padahal demo itu sesuatu yang bagus untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah,” ucapnya.

Kendati demikian, Taga mengatakan pihaknya tidak bisa melarang siswa untuk ikut unjuk rasa. Apalagi, demonstrasi menyuarakan aspirasi merupakan hak warga negara yang dijamin undang-undang.

“Jadi┬ákami┬ákan tahu demo itu kan hak itu, demokrasi warga negara yang dilindungi Undang-undang, tapi kita mesti melihat urgensitas siswa-siswa ikut demo,” ucapnya.

Ada dua pertimbangan utama yang harus diperhatikan para siswa, yakni Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang saat ini dijalankan 100 persen. Selain itu, kondisi bulan ramadan yang artinya kebanyakan siswa sedang berpuasa juga diminta jadi perhatian.

Karena itu, meski tak melarang karena demonstrasi dilindungi Undang-undang, Taga berharap siswa tak ikut berpartisipasi.

Baca Juga:
Pelajar Mau Ikut Demo 11 April, Disdik DKI: Bukannya Tidak Boleh, Tapi Belajar dan Puasa Lebih Penting

“Jadi artinya tidak dalam kapasitas membolehkan gitu loh. Kita ingin menyampaikan kepada mereka kegiatan itu sesungguhnya secara Undang-undang memang dilindungi demo itu, tapi untuk anak-anak kita diharapkan tidak berpartisipasi,” pungkasnya.



#Mereka #Ditanya #Demo #Apa #Nggak #Tahu

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *