Doa Mandi Wajib Puasa Ramadhan Lengkap dengan Tata Cara Melakukannya yang Perlu Diperhatikan

  • Share
Doa Mandi Wajib Puasa Ramadhan Lengkap dengan Tata Cara Melakukannya yang Perlu Diperhatikan

Cmaentertainment.id – Menjelang ibadah puasa Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk membersihkan diri. Salah satu rukun puasa itu adalah mandi wajib dan untuk melaksanakan mandi puasa ramadhan harus membaca doa mandi wajib puasa Ramadhan.

Kemudian membaca niat puasa Ramadhan dengan hati pada malam hari. Adapun mengenai doa mandi wajib puasa Ramadhan akan dibahas dalam artikel ini. 

Seruan Mandi Wajib Puasa Ramadhan 

Perintah mandi wajib tercantum dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat ke 43.  Dalam surat tersebut disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

Baca Juga:
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Doa Istighfar yang Dianjurkan untuk Dibaca di Sepertiga Malam

Selain dalam surat An-Nisa, seruan mandi wajib terdapat juga dalam surat AL-Maidah ayat ke-6 yang memiliki arti sebagai berikut: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Doa Mandi Wajib Puasa Ramadhan

Doa mandi wajib puasa Ramadhan berbunyi sebagai berikut:

“Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari fardhan lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah yang Maha Tinggi.”

Baca Juga:
Doa Qunut Witir Latin dan Artinya, Bacalah di Malam 15 Ramadhan Agar Mendapatkan Keberkahan

Niat atau doa mandi wajib puasa ramadhan tersebut dibaca sebelum melaksanakan mandi wajib dengan tata cara di bawah ini. 



#Doa #Mandi #Wajib #Puasa #Ramadhan #Lengkap #dengan #Tata #Cara #Melakukannya #yang #Perlu #Diperhatikan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *