Mau Demo Kok Nggak Pakai Almamater?

  • Share
Mau Demo Kok Nggak Pakai Almamater?

Cmaentertainment.id – Sejumlah aparat kepolisian melakukan aksi sweeping atau penggeledahan terhadap sejumlah pemuda yang kedapatan sedang duduk santai di area depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Berdasarkan pantauan Cmaentertainment.id di lokasi tampak aparat berpakaian seragam Polri dan berpakaian preman menghampiri sejumlah pemuda yang diduga akan ikut aksi unjuk rasa di depan Gedung Parlemen.

Aparat memeriksa satu persatu pemuda yang tampak duduk berkumpul di sekitaran depan gedung parlemen. Penggeledahan tas hingga pengecekan badan dilakukan aparat dalam aksi sweeping tersebut.

Aparat juga menanyakan identitas sejumlah pemuda yang berkumpul tersebut.

Baca Juga:
Larang Pedagang Dekati Demo Mahasiswa, Puluhan Personel Satpol PP Disebar di Sekitar Kawasan Istana

“Dari mana?,” tanya polisi.

“Mahasiswa pak mau ikut demo,” jawab salah satu pemuda.

“Coba lihat identitasnya, kok nggak pakai almamater?,” tanya lagi polisi.

Beberapa pemuda itu kemudian menunjukkan identitasnya. Terlihat sebagian dari mereka membawa poster bertuliskan kalimat aspirasi yang ingin disuarakannya.

Kendati begitu, tak terlihat aparat mengamankan para pemuda tersebut. Awak media yang meliput langsung ramai berkerumun mengabadikan momen aksi sweeping tersebut.

Baca Juga:
Disebut Jadi Mentor Demo Mahasiswa 11 April, Ujang Komarudin: Nama Saya Dicatut!

Aksi

Diketahui, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi demo 11 April 2022, hari ini. Terkini, demo mahasiswa itu lokasinya bakal pindah ke gedung DPR RI.

Awalnya, aksi demo mahasiswa itu direncanakan bakal digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, kompleks Monumen Nasional atau Monas.

“Lokasinya di DPR sekitar pukul 10.00 WIB,” ujar Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yusfrizal sebagaimana dilansir Antara, Senin (11/4/2022).

Menurut dia, alasan pemindahan lokasi demo mahasiswa hari ini alasannya adalah, mereka hendak memastikan DPR benar-benar melaksanakan konstitusi dengan baik.

Sementara, Koordinator Pusat BEM SI Kaharuddin mengatakan, pemilihan tempat di DPR bertujuan menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait berbagai permasalahan yang ada.

Ia menilai, isu penundaan pemilu, bukan menjadi hal yang asing terdengar di telinga masyarakat saat ini.

Tuntutan Mahasiswa

Aksi demo mahasiswa itu menolak perpanjangan masa jabatan presiden, penundaan pemilu dan kenaikan harga bahan bakar minyak serta sembako ini rencananya akan diikuti oleh 1.000 mahasiswa dari berbagai daerah. Aksi tersebut akan digelar di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal mengatakan, telah mengantisipasi kemungkinan adanya pihak yang menunggangi aksi ini dengan tujuan memicu kerusuhan. Upaya antisipatif ini salah satunya dengan membentuk tim keamanan yang bertugas melalukan penyaringan terhadap peserta aksi.

“Istilahnya harus hati-hati dengannya orang-orang yang menjadi cuma nebeng di aksi itu, cuman buat rusuh doang, harus di screening dengan teliti,” kata Luthfi saat dihubungi Sabtu (9/4) kemarin.



#Mau #Demo #Kok #Nggak #Pakai #Almamater

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *