Hilal Tak Tampak, Ini Deretan Negara yang Rayakan Idul Fitri Tanggal 3 Mei

  • Share
Hilal Tak Tampak, Ini Deretan Negara yang Rayakan Idul Fitri Tanggal 3 Mei

Cmaentertainment.id – Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan bahwa hari ini, Senin (02/05/2022) merupakan Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. Melalui beberapa titik pantauan hilal, Kemenag pun menyatakan bahwa hari ini sudah memasuki 1 Syawal 1443 H.

Namun, beberapa negara lain malah mengumumkan bahwa Senin (02/05/2022) menjadi hari terakhir di bulan Ramadhan. Hal ini didasari oleh pengamatan para ulama dan ahli astronomis di negara tersebut.

Mereka mengamati ketidakmunculan bulan sabit penanda mulainya bulan baru, yang tidak tampak di sejumlah titik di negara mereka. Tak ayal, hal ini membuat pemerintah mereka mengumumkan bahwa Hari Idul Fitri akan jatuh pada Selasa, 3 Mei 2022.

Lalu, negara mana saja yang baru merayakan hari Idul Fitri pada tanggal 3 Mei 2022 mendatang? Simak penjelasannya.

Baca Juga:
Pakai Jas Hitam dan Sarung Batik, Anies Menuaikan Salat Id di JIS

1. Singapura

Negara yang berada paling dekat dengan Indonesia ini menjadi salah satu negara yang baru merayakan Idul Fitri pada 3 Mei mendatang.

Hal ini berkaitan dengan pengamatan para mufti di Singapura yang menyatakan bahwa bulan sabit tidak muncul pada pengamatan saat matahari terbenam kemarin, Minggu (03/05/2022). 

Dalam keterangannya, Mufti Nazirudin Mohd Nasir mengatakan, menurut perhitungan astronomis, hilal pada bulan Syawal Islam tidak muncul pada sore hari setelah matahari terbenam, seperti yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ini menandakan besok (2 Mei) adalah akhir dari 30 hari Ramadhan,” katanya. “Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama Syawal atau Hari Raya Aidilfitri tahun 1443H jatuh pada hari Selasa, 3 Mei,” ujar Mufti Nazirudin melalui akun Instagramnya.

Baca Juga:
Demi Keamanan Bersama, Warga Balikpapan yang Tinggalkan Rumah untuk Mudik Diminta Lapor ke Babinsa dan Babinkamtibmas

2. India

Sama halnya dengan Singapura, beberapa negara di Asia Selatan seperti India pun mengumumkan bahwa Hari Idul Fitri akan dirayakan di negara mereka pada tanggal 3 Mei 2022 mendatang.

Beberapa titik hilal di India yang sudah ditentukan seperti New Delhi, Bihar, Bengal, serta daerah lain di India memberikan informasi bahwa tidak terlihatnya bulan sabit selama pemantauan hilal di sana.

Beberapa organisasi Islam di India pun ikut mengumumkan kepada anggota mereka bahwa Idul Fitri akan berlangsung pada 3 Mei 2022.

3. Bangladesh

Idul Fitri akan dirayakan di Bangladesh pada 3 Mei 2022 karena hilal tidak terlihat di langit Bangladesh pada Minggu malam, (01/05/2022). Keputusan itu diambil pada pertemuan Komite Penampakan Bulan Nasional Bangladesh di Dhaka yang dipimpin oleh Menteri Negara Urusan Agama, Faridul Haque Khan.

4. Sri Lanka

Tak ketinggalan, umat Muslim di Sri Lanka juga akan merayakan hari raya Idul Fitri pada 3 Mei karena bulan baru belum terlihat hari ini. Hal ini dikatakan Departemen Urusan Agama dam Kebudayaan Muslim, Jamiyyathul Ulama Ceylon dan perwakilan Masjid Agung Kolombo, Sri Lanka.

Dengan demikian, 30 hari Ramadhan akan selesai pada 2 Mei, dan Idul Fitri dirayakan pada keesokan harinya karena bulan sabit Syawal belum terlihat hingga Minggu malam kemarin.

Perbedaan ini tentu membuat banyak masyarakat dunia bertanya soal metode yang digunakan masing-masing negara dalam penentuan hilal Syawal.

Sebagai informasi, Arab Saudi yang menjadi pusat teknologi dan kiblat pengetahuan umat Muslim di seluruh dunia sudah melangsungkan hilal sejak kemarin. Mereka mengumumkan bahwa Idul Fitri akan berlangsung pada hari ini, Senin (02/05/2022).



#Hilal #Tak #Tampak #Ini #Deretan #Negara #yang #Rayakan #Idul #Fitri #Tanggal #Mei

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.