Indonesia Miliki Peluang Kemajuan Teknologi Digital, Ini 3 Hal yang Dibahas di DEWG G20

  • Share
Indonesia Miliki Peluang Kemajuan Teknologi Digital, Ini 3 Hal yang Dibahas di DEWG G20

Cmaentertainment.id – Sebagai pemegang tampuk Presidensi G20 atau penanggung jawab Digital Economy Working Group (DEWG), Indonesia juga menghadapi berbagai peluang dan tantangan kemajuan teknologi digital. Ada tiga isu prioritas yang dibahas dalam pertemuan DEWG di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Ketiga isu prioritas yang diangkat dalam DEWG, yakni Konektivitas Digital dan Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19,  Literasi Digital dan Keterampilan Digital, dan (3) Arus Data Lintas Batas Negara (Cross Border Data Flow dan Data Free Flow with Trust),” ujar Menkominfo, Johnny G Plate, saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, salah satu gagasan yang diangkat pada pembahasan isu DEWG ialah people-centered digital connectivity, yang berasal dari konsep pembangunan infrastruktur digital negara-negara G20.

“Pembangunan infrastruktur digital tidak hanya fokus pada aspek teknis saja, melainkan juga memastikan setiap pembangunan dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusianya, termasuk dalam konteks teknologi masa depan seperti Metaverse dan blockchain,” jelasnya.

Baca Juga:
Kominfo Rilis Chatbot WhatsApp Migrasi Siaran TV Digital, Ini Fiturnya

Menkominfo menjelaskan, kerja sama antara Kominfo dan UGM telah terjalin erat sejak lama.

“Beberapa diantaranya, Program Digital Talent Scholarship, Beasiswa Kominfo, Gerakan Nasional Literasi Digital, dan sebagai Knowledge Partner DEWG G20. Saya sampaikan apresiasi kepada Universitas Gadjah Mada, khususnya sebagai knowledge partner dalam penyelenggaraan DEWG G20 pada tahun ini,” ungkapnya.

Menteri Johnny mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi digital Indoensia serta memanfaatkan secara produktif teknologi terbaru, termasuk Metaverse.

“Bersama-sama kita hadirkan Indonesia yang terkoneksi, makin digital, makin maju!” ajaknya.

Dalam kuliah umum, hadir pula Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Wawan Mas’udi, pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian Kominfo, serta mahasiswa dan undangan.

Baca Juga:
Ini Alasan Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Diawali di 8 dari Target 166 Kabupaten/Kota



#Indonesia #Miliki #Peluang #Kemajuan #Teknologi #Digital #Ini #Hal #yang #Dibahas #DEWG #G20

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *