WNI Bergelar ‘Sir’ Pertama dari Kerajaan Inggris

  • Share
WNI Bergelar 'Sir' Pertama dari Kerajaan Inggris

Cmaentertainment.id – Azyumardi Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers Periode 2022-2025 menggantikan Mohammad Nuh. Azyumardi Azra merupakan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah.

Sementara ada 8 anggota Dewan Pers yang akan dipimpin Azyumardi Azra. Mereka adalah Arif Zulkifli, Paulus Tri Agung Kristanto, Yadi Heriyadi Hendriana, Muhammad Agung Dharmajaya, Asmono Wikan, Totok Suryanto, Ninik Rahayu dan Atmaji Sapto Anggoro.

Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE merupakan cendikiawan muslim. Azyumardi Azra pernah menjadi rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 sampai tahun 2006.

Yang menarik dari sosok Azyumardi Azra, dia memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi ‘Sir’ pertama dari Indonesia.

Baca Juga:
Istana Inggris Bagikan Potret Teranyar Putri Charlotte, Warganet Tebak-tebakan Gen Paling Kuat

Karier Azyumardi Azra

Azyumardi memulai karier pendidikan tinggginya sebagai mahasiswa sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada tahun 1982, kemudian atas bantuan beasiswa Fullbright, ia mendapakan gelar Master of Art (MA) pada Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah, Columbia University tahun 1988.

Ia memenangkan beasiswa Columbia President Fellowship dari kampus yang sama, tetapi kali ini Azyumardi pindah ke Departemen Sejarah, dan memperoleh gelar MA pada 1989.

Pada 1992, ia memperoleh gelar Master of Philosophy (MPhil) dari Departemen Sejarah, Columbia University tahun 1990, dan Doctor of Philosophy Degree dengan disertasi berjudul The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia: Network of Middle Eastern and Malay-Indonesian ‘Ulama ini the Seventeenth and Eighteenth Centuries.

Tahun 2004 disertasi yang sudah direvisi diterbitkan secara simultan di Canberra (Allen Unwin dan AAAS), Honolulu (Hawaii University Press), dan Leiden, Negeri Belanda (KITLV Press).

Baca Juga:
Proyek Animasi Gagal, Pangeran Harry dan Meghan Markle Dikabarkan Bersedia Kerja Paruh Waktu untuk Kerajaan Inggris

Kembali ke Jakarta, pada tahun 1993 Azyumardi mendirikan sekaligus menjadi pemimpin redaksi Studia Islamika, sebuah jurnal Indonesia untuk studi Islam.



#WNI #Bergelar #Sir #Pertama #dari #Kerajaan #Inggris

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *