Apa Itu Penyakit Ain? Berikut Arti Penyakit yang Diperingatkan oleh Tasyi Athasyia kepada Aurel Hermansyah

  • Share
Apa Itu Penyakit Ain? Berikut Arti Penyakit yang Diperingatkan oleh Tasyi Athasyia kepada Aurel Hermansyah

Cmaentertainment.id – Ada suatu kekuatan supranatural dalam ajaran agama Islam yang disebut dengan Ain. Namun ada pula yang disebut penyakit ain. Apa itu penyakit Ain?

Kekuatan supranatural merupakan salah satu dari ciri ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah. Perihal apa itu penyakit Ain ini, mari kira simak penjelasan dari islam.nu.or.id apa itu penyakit ain dan apakah itu sama dengan kekuatan supranatural ain yang disinggungdalam laman islam.nu.or.id

Kita ketahui dulu wujud ain yang ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya sebagai berikut:

“Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ain akan mendahuluinya” (HR Muslim).

Baca Juga:
Mengenal Penyakit Ain: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Kemudian para ulama menerjemahkan arti ain tersebut sabagai pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang memiliki tabiat buruk yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya. Pernyataan ini disebutkan oleh Syekh Ibnu Hajar al-‘Asqalany, Fath al – Bari, juz 10 halaman 200. 

Selain itu dijelaskan juga oleh Al-Munawi, Faid al-Qadir dalam juz 15 halaman 474, bahwa ain adalah pandangan pada sesuatu dalam keadaan lalai dengan rasa kagum kepadanya atau rasa dengki tanpa disertai berdzikir kepada Allah. 

Dari penjelasan para ahli tentang ain di atas, dapat dipahami jika orang-orang juga menganggap ain sebagai penyakit. Berikut dua macam pemahaman yang dapat ditarik dari penjelasan di atas, penyakit Ain adalah:

  1. Sebuah pandangan dari orang yang bertabiat buruk dalam hati terdapat rasa iri, dengki, hasud, dan ingin mencelakai orang yang dipandangnya.
  2. Padangan yang berupa kekaguman dari orang yang tidak merasa dengki, tapi tidak disertai dzikir kepada Allah, ini juga dapat mencelakai orang yang dipandangnya. 

Apa itu penyakit ain juga disinggung dalam Al-qur’an, kata Islam.nu.or.id, hal itu terkandung dalam Qs. Al-Qalam: 51 yang memiliki arti, “Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengarkan Al-Qur’an dan mereka berkata: ‘Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila’.”

Selain itu ada kisah yang diceritakan oleh Imam Asmu’i dalam kitab Tafsir al-Qurtubi berikut:

Baca Juga:
Waspada Penyakit Ain Menyebabkan Kematian, Berikut Cara Pengobatan Dalam Islam

“Imam Asmu’i berkata, ‘Aku pernah melihat orang yang memiliki kemampuan ‘ain mendengar bahwa ada seekor sapi yang diperah susunya. Lantas ia kagum pada air susu yang keluar dari sapi tersebut. Lalu ia berkata, ‘Adakah sapi-sapi lain yang seperti ini?’ Orang di sekitarnya menjawab, ‘Si fulan menyembunyikan sapi lain (yang air susunya seperti sapi awal) yang disembunyikan dari sapi awal’. lalu tak lama kemudian dua sapi yang dimaksud tersebut mati, baik yang disembunyikan ataupun yang tidak disembunyikan”



#Apa #Itu #Penyakit #Ain #Berikut #Arti #Penyakit #yang #Diperingatkan #oleh #Tasyi #Athasyia #kepada #Aurel #Hermansyah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.