Ini Penyebab Penyakit Ain dan Cara Mencegahnya yang Perlu Diwaspadai

  • Share
Ini Penyebab Penyakit Ain dan Cara Mencegahnya yang Perlu Diwaspadai

Cmaentertainment.id – Penyakit ain masih menjadi pembahasan yang menarik di kalangan masyarakat. Banyak yang penasaran dengan pengertian dan penyebab penyakit ain. Karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja secara tiba-tiba. 

Dalam ajaran agama Islam, penyakit ain sudah tidak asing lagi. Karena sudah dijelaskan dalam sebuah hadist yang artinya: “Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ain akan mendahuluinya” (HR Muslim). 

Dari situlah para ulama menyimpulkan bahwa ain adalah penyakit non medis yang timbul karena pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang sebenarnya memiliki tabiat buruk dan mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya. Tidak hanya menimbulkan masalah untuk orang lain, ain juga dapat membuat diri sendiri celaka. Apa penyebab penyakit ain?

Ain juga diartikan sebagai pandangan terhadap sesuatu dalam keadaan lali dengan rasa kagum terhadap yang dilihatnya atau rasa dengki tanpa berdzikir kepada Allah. 

Baca Juga:
Bacaan Doa Agar Anak Terhindar dari Penyakit Ain, Begini Anjuran Rasulullah SAW

Penyebab Penyakit Ain 

Dari penjelasan di atas, menurut pandangan Islam penyakit ain dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu: 

1. Pandangan dari orang yang sebenarnya memiliki tabiat buruk yang dalam hatinya terdapat rasa hasud, dengki, dan ingin mencelakai terhadap orang yang dipandangnya. 

2. Pandangan kekaguman atau ketakjuban dari orang yang tidak sedang sehingga timbul rasa dengki, tetapi kekaguman tersebut tidak disertai dengan berdzikir pada Allah SWT. 

Selain itu, penyakit ain juga dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Qalam ayat 51 yang artinya: “Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengarkan Al-Qur’an dan mereka berkata: ‘Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila’.” 

Baca Juga:
Apa Itu Penyakit Ain? Berikut Arti Penyakit yang Diperingatkan oleh Tasyi Athasyia kepada Aurel Hermansyah

Efek dari pandangan ain ini dapat bermacam-macam, ada yang bisa membuat orang yang dipandang celaka, sakit, atau bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Sehingga penyakit ini digolongkan sebagai penyakit yang tidak dapat dideteksi medis dan berbahaya karena pada dasarnya semua orang memiliki kekuatan tertentu dalam pandangannya. 



#Ini #Penyebab #Penyakit #Ain #dan #Cara #Mencegahnya #yang #Perlu #Diwaspadai

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.