Curhat Eks Napi Terorisme Dapat Banyak Teror Setelah Kembali Berjiwa NKRI dan Tinggalkan Paham Radikal

  • Share
Curhat Eks Napi Terorisme Dapat Banyak Teror Setelah Kembali Berjiwa NKRI dan Tinggalkan Paham Radikal

Cmaentertainment.id – Tantangan ‘taubat’ meninggalkan radikalisme belum selesai setelah kembali ke masyarakat dan ke pangkuan NKRI. Sebab eks narapidana Terorisme mengaku banyak mendapatkan teror setelah itu.

Hal itu diungkapkan mantan narapidana terorisme Joko Trihermanto atau Jack Harun.

Para narapidana terorisme yang “kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia” dan meninggalkan paham radikalnya rentan mendapatkan teror dari kelompok mereka yang terdahulu.

“Yang perlu diwaspadai dan yang perlu diingatkan bahwa teman-teman yang sudah kembali ini banyak mendapat teror,” kata Jack Harun ketika menyampaikan paparan dalam seminar nasional bertajuk “Pencegahan Radikalisme-Terorisme dan Launching Buku Menjerat Terorisme” yang disiarkan di kanal YouTube Pusat Pembinaan Ideologi UNESA, dipantau dari Jakarta, Senin.

Baca Juga:
BNPT Puji Ustadz Moderat Ceramah di Dunia Maya, Klaim Bisa Tekan Pengaruh Radikalisme

Adapun salah satu mantan narapidana terorisme (eks napiter) yang menjadi contoh adalah Ika, seorang eks napiter yang nyaris bergabung dalam tragedi bom di Bali.

Setelah Ika bebas dari tahanan dan kembali ke masyarakat, kata Jack Harun, Ika bercerai dengan suaminya karena suaminya masih “merah”.

Dalam artian belum dapat kembali ke tengah masyarakat.

Setelah terbebas dari tahanan, Ika mengalami teror dari kelompoknya yang terdahulu, bahkan pada hari Senin, 30 Mei 2022, Ika menjalani perawatan di rumah sakit.

Oleh karena itu, Jack Harun meminta kepada masyarakat, khususnya aparat penegak hukum, untuk lebih memperhatikan keamanan dan keselamatan dari para eks napiter yang sudah kembali ke tengah masyarakat.

Baca Juga:
Komisioner Tinggi HAM PBB Desak China Tinjau Kebijakan Kontra Terorisme, Dampaknya Terhadap Muslim Uighur

Tidak hanya berhadapan dengan stigma masyarakat dan pengasingan, lanjut dia, para eks napiter juga harus menghadapi ketakutan akan ancaman yang diberikan oleh kelompok terorisnya yang terdahulu.



#Curhat #Eks #Napi #Terorisme #Dapat #Banyak #Teror #Setelah #Kembali #Berjiwa #NKRI #dan #Tinggalkan #Paham #Radikal

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.