Dipanggil Jokowi, Ini Daftar Tokoh yang Dikabarkan Jadi Menteri Baru hingga Kena Reshuffle

  • Share
Minta Menteri Kabinet Indonesia Fokus Dengan Tugasnya, LGP: Jangan Genit Mau Nyapres

Cmaentertainment.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Isu reshuffle semakin kencang setelah sejumlah menteri dan tokoh politik hadir ke Istana Negara, Selasa (14/6/2022) sore, untuk memenuhi panggilan sang presiden.

Nama-nama sejumlah tokoh itu digadang-gadangkan akan terkena reshuffle hingga ditunjuk sebagai menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

Walau begitu, hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari Istana Negara mengenai nama-nama yang kemungkinan akan menjadi menteri baru ataupun diganti.

Berdasarkan penelusuran Cmaentertainment.id, berikut nama-nama tokoh yang sudah hadir ke Istana Negara untuk memenuhi panggilan Jokowi:

Baca Juga:
Isu Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Bos Persis Solo Naik Jabatan?

1. Hadi Tjahjanto

Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto [Antara/Rosa Panggabean]

Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi salah satu tokoh yang hadir di Istana Negara. Sosoknya dikabarkan akan ditunjuk Jokowi untuk menjabat menteri.

Mengenai pemanggilan Jokowi, Hadi sendiri masih irit bicara. Ia hanya mengaku langsung bergegas ke Istana begitu dipanggil orang nomor satu di Indonesia.

“Baru saja (dipanggil), makanya saya ngebut. Enggak ada persiapan. Ini baru olahraga, langsung lari saya,” kata Hadi memberi tanggapan singkat kepada awak media di kawasan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

2. Zulkifli Hasan

Baca Juga:
Kencang Soal Reshuffle Kabinet Jokowi, PAN Beri Bocoran Posisi Zulhas

Mantan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan melayat almarhum Fahmi Idris di kawasan Jakarta Selatan. (Antara)
Mantan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (Antara)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ikut dipanggil Presiden Jokowi pada Selasa (15/6/2022). Namanya ramai diyakini bakal masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno sebelumnya sempat mengisyaratkan jika partainya dalam jajaran menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Kami tentu yang bisa saya sampaikan adalah kader terbaik kami mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa ikut secara aktif untuk mendukung, mengawal program-program dari Pak Jokowi dan Pak M’aruf Amin,” kata Eddy di kantor KPU RI, Selasa (14/6/2022) malam.

3. Muhammad Lutfi

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. [Antara]
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. [Antara]

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjadi salah satu pejabat yang dipanggil Jokowi. Pemanggilan ini membuat namanya semakin kencang diisukan akan terkena reshuffle.

Apalagi, kinerja Lutfi ramai menjadi sorotan tajam masyarakat akibat kasus kelangkaan minyak goreng, yang memicu harga selangit. Selain itu, sosok Lutfi juga dinilai tidak bisa mengatasi kasus mafia minyak goreng.

4. Syahrul Yasin Limpo

Mentan, Syahrul Yasin Limpo. (Dok: Kementan)
Mentan, Syahrul Yasin Limpo. (Dok: Kementan)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo turut hadir ke Istana Negara pada Selasa sore. Ia dikabarkan juga menjadi target reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Menanggapi itu, Syahrul Yasin Limpo tidak mau banyak bicara dan lebih ingin fokus untuk bekerja melakukan tugasnya. Ia juga mengaku tidak pernah mendapat pemanggilan khusus dari Presiden Jokowi untuk membicarakan wacana perombakan kabinet.

“Aku enggak tahu tuh. Aku kerja aja. Aku mulai dari bawah kerjanya, kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya,” kata Syahrul kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

“Enggak tadi rapat aja. Rapat dan salah satunya aku diminta untuk mempersiapkan beras cukup. Ya sekali-kali kita ekspor, aku lagi persiapkan itu,” lanjutnya.

5. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto. Foto: Facebook Prabowo Subianto
Prabowo Subianto. Foto: Facebook Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ternyata menjadi salah satu tokoh yang memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Meski demikian, masih tidak diketahui alasan kehadiran Prabowo di tengah isu reshuffle, apakah jabatannya akan diganti atau tidak. Pasalnya, pihak Istana juga belum memberikan keterangan resmi.

6. Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil juga dikabarkan akan terkena reshuffle. Jabatannya bahkan disebut-sebut akan digantikan Zulkifli Hasan.

Isu itu sempat ditanggapi oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan salah satu partai koalisi pendukung pemerintah. PPP menyatakan tidak masalah jika Zulkifli Hasan menjadi Menteri ATR.

“Kalau bagi PPP tidak ada masalah beliau menjadi menteri di bidang ATR atau apa, silakan saja. Itu menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

7. Surya Tjandra

Politisi PSI Surya Tjandra. (Cmaentertainment.id/Ummi Hadyah Saleh)
Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra. (Cmaentertainment.id/Ummi Hadyah Saleh)

Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra menyusul Sofyan Djalil dalam kehadirannya di Istana Negara. Ia turut dipanggil Presiden Jokowi, dan diisukan akan terkena reshuffle.

Walau begitu, kabar tersebut masih belum diketahui dan menanti keterangan resmi dari pemerintahan.



#Dipanggil #Jokowi #Ini #Daftar #Tokoh #yang #Dikabarkan #Jadi #Menteri #Baru #hingga #Kena #Reshuffle

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.