Kronologi Roy Suryo Dipolisikan Gegara Meme Stupa Candi, Minta Maaf Pada Umat Buddha

  • Share
Kronologi Roy Suryo Dipolisikan Gegara Meme Stupa Candi, Minta Maaf Pada Umat Buddha

Roy Suryo diketahui memang kerap menuai kontroversi di media sosial. Terbaru, pakar telematika tersebut mengunggah sebuah foto stupa Candi Borobudur yang telah diedit sehingga mirip wajah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal tersebut kemudian mengundang berbagai kecaman dari berbagai pihak tak terkecuali warganet.

Pada hari Jumat, (10/6/2022), Roy Suryo dengan sengaja mengunggah foto editan Stupa Candi Borobudur yang mirip dengan Jokowi di akun Twitternya. Hal tersebut merupakan respon dari Roy Suryo terkait dengan wacana kenaikan harga tiket ke Candi Borobudur yang kabarnya naik menjadi Rp 750 ribu. Kabarnya, karena unggahannya tersebut, Roy Suryo harus berhadapan dengan kepolisian.

Unggahan Roy Suryo tersebut membuat heboh jagad media sosial. Ia mendapatkan berbagai kecaman dan hujatan dari warganet, karena dianggap melakukan dua penghinaan sekaligus, yaitu dinilai menghina umat Budha, sekaligus Presiden Jokowi.

Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50 ribu) ke 750 ribu yang (sudah sewarasnya) ditunda itu, banyak kreativitas netizen mengubah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu, lucu, hehehe. Ambyar,” tulis Roy Suryo dalam cuitan tersebut.

Baca Juga:
Penasihat Hukum: Roy Suryo Tidak Bisa Dimintai Pertanggungjawaban Pidana

Tak lama setelah mendapatkan kecaman dan berbagai hujatan dari publik, ia kemudian menghapus postingannya. Namun sayang, foto tersebut terlanjur beredar di media sosial.

Roy Suryo juga memberikan klarifikasi dalam akun Twitternya mengapa ia menghapus postingan tersebut. 

Agar tidak ada yang memprovokasi lagi dan dianggap ‘mengedit’ karena ketidakpahamannya, maka postingan tersebut saya drop, case close,” tulis Roy Suryo.

Namun, warganet tetap tidak terima dengan tindakan Roy Suryo yang membuat meme stupa mirip presiden Joko Widodo tersebut. Namanya sempat bertengger dalam jajaran trending topik Twitter.

Tidak sedikit warganet yang mengecam perbuatan Roy Suryo dan berbondong-bondong membuat tagar #TangkapRoySuryo pada Rabu (15/06/2022) dan mendesak pihak kepolisian agar segera menangkap mantan politikus tersebut.

Baca Juga:
Ora Risih! Gibran Rakabuming Pilih Tidur di Bangsal Bareng Kepala Daerah Untuk Ikuti Rakor PDIP

Perbincangannya ramai di media sosial, kepolisian pun akhirnya turun tangan dan mengusut pembuat foto editan stupa mirip Presiden Jokowi tersebut.



#Kronologi #Roy #Suryo #Dipolisikan #Gegara #Meme #Stupa #Candi #Minta #Maaf #Pada #Umat #Buddha

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.