Berharap Jadi Kebangkitan NU, PBNU Akan Gelar Forum Dialog Pemimpin Agama Undang Paus Fransiskus

  • Share
Berharap Jadi Kebangkitan NU, PBNU Akan Gelar Forum Dialog Pemimpin Agama Undang Paus Fransiskus

Cmaentertainment.id – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar, dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya meluncurkan rangkaian peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Gus Yahya mengatakan tema peringatan satu abad NU adalah Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.

Pilihan tema tersebut kata Gus Yahya, didasarkan pada sebuah hadits Rasulullah SAW mengenai adanya pembaharu di setiap 100 tahun.

Lanjut Gus Yahya, tema tersebut yakni memicu kebangkitan baru di tengah umat. Karena itu ia sangat berharap agar harlah ini menjadi momentum kebangkitan baru NU.

Baca Juga:
Mardani Maming Dikabarkan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Netizen Beri Sindiran Menohok Soal Ini

“Maka kita sangat menharapkan momentum kebangkitan baru bagi NU,” ujar Gus Yahya di acara.

Gus Yahya menyebut hari ulang tahun tahun NU resmi ditetapkan berdasarkan kalender Hijriah yakni 16 Rajab atau Februari 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Yahya menjelaskan terdapat sembilan cluster atau acara dalam peringatan Harlah satu Abad NU.

Salah satu acaranya kata Gus Yahya, yakni Forum Dialog Pemimpin Agama atau R20 (Religion of 20) yang akan digelar akhir Oktober 2022.

“Tujuan diselenggarakannya R20 adalah bagaimana para pemimpin agama ini bicara supaya agama berhenti jadi bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian dari solusi,” kata Gus Yahya.

Baca Juga:
Mardani H Maming Jadi Tersangka, Gus Yahya Sebut PBNU akan Beri Bantuan Hukum

Gus Yahya menuturkan di acara R20, pihaknya akan mengundang tokoh agama dunia di antaranya Pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus kepala negara Vatikan Paus Fransiskus; Pemimpin Gereja Anglikan di Inggris, Uskup Justin Welby, Uskup Agung Konstantinopel, Patriark Bartholomew.

Kemudian Pemimpin Agama Buddha Internasional, Raja Norodom Sihamoni; Pemimpin Agama Hindu Internasional, Sri Ravi Shankar dan tokoh pemimpin agama lainnya.

Tak hanya itu, PBNU juga akan mengundang Syeikh Al-Azhar, Syeikh Ahmad Al Tayyeb dan para tokoh lain.

“Semua kerangka konseptual sudah selesai tinggal ekseskusi. Akhir Oktober (Acara R20),” kata Gus Yahya.

Di kesempatan yang sama Organizing Committee Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama Zannuba Arifah Chafsoh Yenny Wahid mengatakan meskipun puncak harlah satu abad NU ini akan diselenggarakan pada tahun depan, rangkaian kegiatannya sudah dimulai dari tahun ini.

“Rangkaian acaranya dimulai dari tahun ini,” ucap Yenny.

Lebih lanjut, Yenny menuturkan usia seabad NU menjadi satu kebangkitan atau dalam bahasa lain adalah Renaisans.

Menurutnya, renaisans mengindikasikan lahirnya suatu peradaban baru.

“Itu semangat yang diusung,” kata Yenny.

Untuk diketahui, di acara tersebut hadir pula Wakil Ketua Umum Nusron Wahid, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa, Muhammad Nabil Haroen dan jajaran pengurus PBNU lainnya.

Hadir juga Menteri BUMN Erick Thohir yang jug Ketua Pengarah Pelaksana Peringatan Harlah Satu Abad NU.



#Berharap #Jadi #Kebangkitan #PBNU #Akan #Gelar #Forum #Dialog #Pemimpin #Agama #Undang #Paus #Fransiskus

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.