Kurban Sapi untuk Berapa Orang? Ini Panduan Berkurban Sapi di Hari Idul Adha

  • Share
Kurban Sapi untuk Berapa Orang? Ini Panduan Berkurban Sapi di Hari Idul Adha

Cmaentertainment.id – Kurban merupakan penyembelihan hewan ternak yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha. Kurban pada hari raya Idul Adha bertujuan untuk menebus dosa-dosa kita (dalam kepercayaan Islam) agar kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Hewan yang bisa dijadikan kurban antara lain sapi, kambing dan unta. Lantas, kurban sapi untuk berapa orang?

Kurban juga menjadi salah satu momen bagi umat Islam untuk memperingati rasa ikhlas, patuh, dan percaya Nabi Ibrahim ketika diminta oleh Allah SWT untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail. Nah, hewan ternak untuk kurban bisa berupa sapi. Lantas, adakah aturan yang menyebutkan kurban sapi untuk berapa orang? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Dalil Kurban Sapi untuk Tujuh Orang

Dikutip dari berbagai sumber, ada sebuah riwayat dalam buku Panduan Qurban dari A sampai Z: Mengupas Tuntas Seputar Fiqh Qurban, Ibnu Abbas r.a yang menyebutkan bahwa seekor sapi dapat untuk tujuh orang. Riwayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga:
Syarat Kambing Kurban untuk Idul Adha 2022

“Dahulu kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang dan sepuluh orang untuk qurban seekor onta.” (Shahih Sunan Ibnu Majah 2536, Al Wajiz, hal 406).

Dari riwayat tersebut di atas dapat ditafsirkan bahwa kita dapat membeli seekor sapi dengan cara patungan bersama enam orang lainnya, sehingga total tujuh orang namun tidak diperbolehkan lebih dari tujuh orang.

Apabil patungan membeli seekor sapi hanya dengan dua orang saja, itu tetap dianggap sah. 

Seekor sapi dibolehkan untuk tujuh orang (berserikat) juga disebutkan dalam hadist dari Jabir Radhiyallahu ‘Anhu. Hadist tersebut berbunyi, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memerintahkan kami patungan pada sesekor unta dan sapi. Setiap 7 orang dari kami berserikat dalam satu ekor.” (HR. Muslim)

Jika ada yang bertanya kurban sapi untuk berapa orang, Anda bisa merujuk kepada hadist tersebut untuk menjelaskan batasan kurban untuk seekor sapi. 

Baca Juga:
Peternak di Boyolali Sambut Baik Bantuan Pengganti Ternak Terdampak PMK

Manfaat Daging Kurban 



#Kurban #Sapi #untuk #Berapa #Orang #Ini #Panduan #Berkurban #Sapi #Hari #Idul #Adha

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.