Simak Niat, Tata Cara dan Bacaan Doanya

  • Share
Simak Niat, Tata Cara dan Bacaan Doanya

Cmaentertainment.id – Sholat istikharah adalah sholat yang sangat dianjurkan oleh Imam Nawawi. Dalam kitab al-Adzkar, dikatakan bahwa istikharah sunah pada semua perkara yang memiliki beberapa pilihan.

Berikut tata cara sholat istikharah yang diambil dari NU Online, lengkap berserta niat dan doanya.

Dalam penjelasannya, disebutkan bahwa Rasulullah dalam sebuah hadis riwayat Jabir Ibn Abdillah RA berkata: “Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalat) dua rakaat : kemudian berdoa…” (HR al-Bukhari).

Kata ‘al-amr’  yang dalam hadis di atas berarti perkara atau urusan yang bermakna umum. Meski begitu, berbagai perkara wajib tidak perlu diistikharahi, sebab kita tidak punya pilihan selain yang wajib harus dilakukan dan yang haram harus ditinggalkan. 

Baca Juga:
Bacaan Niat Sholat Istikharah, Lengkap dengan Tata Cara Meminta Petunjuk Allah SWT

Istikharah adalah upaya memohon kepada Allah SWT agar diberikan jawaban atas pilihan terbaik kepada kita. Mendirikan sholat istikharah sangat mudah, yaitu sholat dua rakaat dengan niat sebagai berikut:

Niat Sholat Istikharah

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa“, yang artinya: “Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Sholat Istikharah

Rakaat pertama setelah membaca surat al-Fatihah kemudian baca surat al-Kafirun, dan rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas. Kemudian setelah salam membaca doa sebagai berikut.

Baca Juga:
Cara Sholat Istikharah untuk Meminta Petunjuk Allah SWT dari Pilihan Sulit

Doa Sholat Istikharah



#Simak #Niat #Tata #Cara #dan #Bacaan #Doanya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.