Profil Thomas Matulessy Alias Pattimura yang Jadi Trending Twitter Gegara Klaim Ustaz Adi Hidayat

  • Share
Profil Thomas Matulessy Alias Pattimura yang Jadi Trending Twitter Gegara Klaim Ustaz Adi Hidayat

Cmaentertainment.id – Nama pahlawan nasional dari Maluku, yakni Thomas Matulessy alias Pattimura mendadak jadi trending topic di Twitter. Kini, kata kunci Thomas Matulessy memenuhi lini masa media sosial tersebut usai video ceramah Ustaz Adi Hidayat yang mengklaim nama asli pahlawan tersebut adalah Ahmad Lussy viral. Lantas seperti apa profil Thomas Matulessy alias Pattimura yang wajahnya terpampang di mata uang seribu rupiah itu?

“Ternyata nama aslinya Pattimura itu bukan Thomas Matulessy, tapi Ahmad Lussy,” ujar ustaz Adi Hidayat dalam potongan video tersebut dikutip suara.com, Selasa (5/7/2022).

Sontak, ceramah viral UAH tersebut memicu reaksi dari para sejarawan yang akhirnya meluruskan mengenai klaim tersebut dengan menghadirkan beberapa catatan sejarah aslinya.

Lantas, siapakah sosok Pattimura yang sebenarnya? Simak profil Thomas Matulessy berikut.

Baca Juga:
Ustaz Adi Hidayat Klaim Nama Asli Pattimura Ialah Ahmad Lussy, Belajar Lagi Yuk Sejarah Perjuangannya Lawan Penjajah

Foto Pahlawan Pattimura di uang Rp1000 [ist]

Lahir dari keluarga Kristiani

Usut punya usut, klaim UAH merujuk pada buku Api Sejarah karya Mansyur Suryanegara yang banyak menerima kritik dari para akademisi lantaran menggunakan sumber sekunder yang tidak kredibel.

Sedangkan dari sumber otentik yakni historiografi J.B.J. Van Doren menyebutkan bahwa Pattimura lahir dari keluarga Kristiani dan dibaptis dengan nama Thomas Matulessy.

Thomas lahir pada 8 Juni 1783 di pulau Saparua, Maluku dari pasangan Frans Matulessia dan Fransina Tilahoi, serta memiliki seorang adik bernama Yohanis.

Perjalanan karier Pattimura di militer

Baca Juga:
Viral Ceramah Ustaz Adi Hidayat Soal Pattimura: Namanya Bukan Thomas Tapi Ahmad Lussy, Seorang Kiai

Dikutip dari buku Mengenal Pahlawan Indonesia karya Arya Ajisaka dan Darmayanti Dewi, Thomas mendapatkan pendidikan militer dari tentara Inggris saat Maluku dikuasai dan direbut dari Belanda oleh kekaisaran Inggris.



#Profil #Thomas #Matulessy #Alias #Pattimura #yang #Jadi #Trending #Twitter #Gegara #Klaim #Ustaz #Adi #Hidayat

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.