Puasa Senin Kamis Bulan Dzulhijjah: Hukum, Niat dan Manfaatnya

  • Share
Puasa Senin Kamis Bulan Dzulhijjah: Hukum, Niat dan Manfaatnya

Cmaentertainment.id – Seperti namanya puasa Senin-Kamis merupakan puasa sunnah yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Puasa sunnah ini menjadi salah satu di antara ibadah yang memiliki kemuliaan di hadapan Allah Swt. Saat ini umat muslim telah memasuki bulan Dzulhijjah, lantas bagaimana jika puasa Senin Kamis bulan Dzulhijjah

Puasa Senin Kamis dapat dijadikan sebagai penyempurna pahala ibadah wajib lainnya, hal ini sesuai apa yang di sabdakan oleh Rasullullah SAW, yang artinya: 

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi) 

Seperti yang telah kita ketahui, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang paling mulia. Di mana umat Islam akan memperingati Hari Raya Idul Adha dan menunaikan ibadah haji serta kurban yang hanya dapat dikerjakan di bulan Dzulhijjah. 

Baca Juga:
3 Larangan Saat Idul Adha, Apa Saja? Tidak Boleh Puasa hingga Potong Kuku

Selain itu, terdapat puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim pada saat bulan Dzulhijjah, yaitu puasa 10 hari sebelum Idul Adha, yang mana di tanggal 8 Dzulhijjah disebut dengan puasa Tarwiyah dan tanggal 9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah. 

Lantas bagaimana dengan puasa Senin Kamis yang bertepatan dengan bulan Dzulhijjah? Para ulama sepakat bahwa puasa Senin Kamis bulan Dzulhijjah sangat diperbolehkan. Bahkan tidak ada larangan untuk menggabungkan puasa Senin Kamis dengan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah. Hal ini berdasarkan pada kitab I’anatut Thalibin: 

Ketahuilah terkadang puasa memiliki dua sebab, seperti terjadinya hari Arafah atau hari Asyura yang bertepatan hari senin atau kamis, atau hari senin dan kamis bertepatan dengan enam hari puasa Syawal, maka sangat dianjurkan untuk berpuasa di hari tersebut untuk menjaga dua sebab itu”. 

Jika berniat puasa untuk keduanya, maka keduanya sama-sama diperoleh, seperti halnya bersedekah kepada keluarga dekat, yaitu bernilai sedekah dan bernilai menyambung silaturrahim.” 

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis 

Baca Juga:
Apakah Puasa Arafah 9 Juli Tetap Sah Meski di Arab Saudi Sudah Idul Adha?

Seperti ibadah sunnah ataupun wajib lainnya, sebelum menjalankan puasa  Senin Kamis Anda juga perlu membaca niatnya terlebih dahulu. Hal ini agar ibadah yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT. Berikut ini niat puasa Senin Kamis: 



#Puasa #Senin #Kamis #Bulan #Dzulhijjah #Hukum #Niat #dan #Manfaatnya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.