Sempat Bikin Pemudik Antre 10 Jam, Jokowi Minta Kapasitas Kendaraan di Pelabuhan Diperluas

  • Share
Sempat Bikin Pemudik Antre 10 Jam, Jokowi Minta Kapasitas Kendaraan di Pelabuhan Diperluas

Cmaentertainment.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada jajarannya ada perbaikan untuk mudik Lebaran 2023 bisa berjalan lebih baik. Salah satu yang ia soroti ialah soal kapasitas pelabuhan penyeberangan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi mengingat sempat terjadi antrean panjang para calon penumpang di dermaga Pelabuhan Merak pada H-3 Lebaran 2022. Saking padatnya jumlah pemudik, mereka harus menunggu hingga 10 jam untuk bisa masuk ke dalam kapal.

“Saya kira memang harus ada perluasan kapasitas penampungan kendaraan menuju pelabuhan penyeberangan,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait evaluasi mudik Lebaran tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta ditulis Rabu (25/5/2022).

Jokowi mau kalau waktu antre kendaraan untuk naik angkutan penyeberangan bisa lebih dipangkas. Selain itu, ia juga mau adanya penambahan kapal penyeberangan.

Baca Juga:
Evaluasi Mudik Lebaran 2022, Jokowi: Alhamdulillah Aman, Kasus Covid-19 Tidak Bertambah

“(dan) Perluasan dermaga yang padat seperti di Pelabuhan Merak, ini harus dilihat secara detail lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, kepadatan yang tak bisa diurai membuat banyak orang harus menunggu antrian berjam-jam akibat keterbatasan transportasi kapal yang beroperasi. Waktu tempuh yang menjadi lebih lama membuat kebanyakan pemudik mengamuk ketika menunggu antrian kapal.

Hal ini terjadi di dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pada Kamis, (28/04/2022) malam.

Sampai di Pelabuhan Merak pukul 13.00 WIB

Cekcok antara petugas dan para pemudik ini berawal ketika para pemudik yang sudah melakukan perjalanan dari daerah Tangerang dan wilayah Jawa lainnya sampai di Pelabuhan Merak sejak pukul 13.00 WIB siang namun hingga pukul 22.00 WIB mereka tak kunjung dinaikkan ke kapal.

Baca Juga:
Ingin Lebih Sempurna, Ini PR dari Jokowi untuk Jajarannya Agar Mudik Lebaran 2023 Semakin Baik

Hampir 10 jam menunggu



#Sempat #Bikin #Pemudik #Antre #Jam #Jokowi #Minta #Kapasitas #Kendaraan #Pelabuhan #Diperluas

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.